Sabtu, 24 Oktober 2015

Validasi Pendidikan dan 8355 dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Profesional Bersama Teach For Indonesia di SDN Cengkareng Timur 04 Petang

Validasi Pendidikan,dan 8355 di Sekolah SDN Cengkareng Timur 04

Kelas: LL21
Dosen: Iwan Irawan, SH., MBA
Waktu: Jumat, 23 Oktober 2015
Pukul: 15.00-16.00
Lokasi: SDN Cengkareng Timur 04 Petang
PIC: Hanifah, S.pd. (kepala sekolah)

Tim yang Hadir
Ketua: Elfin Pratama
Anggota:
1.Satrio
2.Ignatius Christopher
3.Widie Arifiandi
4.Jonathan Hartanto
5.Willhans Yogi Prosetia
6.William





Kiri - Kanan: Widie,William,Jonathan,Elfin,Satrio,Willhans,Ignatius Christopher

Pendahuluan

Character Building merupakan mata kuliah yang berfungsi sebagai pelatihan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.Dalam semester ini kelompok kami mendapatkan mata kuliah Character Building profesional yang berfungsi untuk mempersiapkan mahasiswa - mahasiswa kedalam dunia profesional seperti etika dala dunia profesional,nilai - nilai dalam dunia profesional serta peran dari masing - masing individu dalam kelompok dalam pengembangan dunia profesional.

Salah satu mata kuliah character building profesional yang berhubungan langsung dengan kegiatan ini adalah tentang corporate social responsibility yang membahas tentang tanggung jawab sebuah perusahaan atau korporasi terhadap lingkungan sekitar.Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kami dapat langsung mendapatkan pengalaman di lapangan dan sebagai bentuk uluran tangan dari corporate social responsibilty dari Universitas Bina Nusantara dan Teach For Indonesia.
Setelah selesai melukan KJP kami menghampiri ruang kepala sekolah.Setelah diperbolehkan masuk,kami langtsung mendatangi meja Ibu Hanifah untuk beramah tamah dan memulai interview.

Laporan

Setelah selesai dalam pelaksanaan interview KJP dengan peserta,ketua kelompok kami langsung masuk ke dalam ruang kepala sekolah yang baru tiba dari tugas dinasnya.
Interview dengan Ibu Hanifah
Awalnya interview dilakukan oleh Ibu Hanifah selaku kepala sekolah, akan tetapi Ibu Hanifah mengatakan bahwa ia tidak bisa berkonsentrasi karena keletihan selepas pulang dari tugas dinasnya.Kamipun dialihkan kepada salah satu wali kelas di sekolah ini yang mengerti tentang KJP bernama Ibu Mega.
Interview dengan Ibu Mega

Interview KJP Sekolah

Pada awal kegiatan ini kami menanyankan pertanyaan - pertanyaan dari kuesioner yang sudah kami siapkan.Ibu Mega mampu menjawab akan pertanyaan - pertanyaan dari kuesioner secara lengkap dan jelas,hanya saja pada saat ditanyakan untuk struk pembelanjaan Ibu Mega mengatakan struknya tidak ada.

Validasi Pendidikan

Validasi pendidikan dilakukan setelah Ibu Mega selesai menjawab pertanyaan - pertanyaan kuesioner.Dalam bagian ini Ibu Mega mampu menjawab dari list validasi yang kami berikan dibantu dengan papan tata usaha yang kebetulan dekat dengan kami melakukukan interview.

Kegiatan Interview 8355

Setelah selesai dengan interview KJP sekolah dan validasi pendidikan,kami memperlihatkan list daftar anak 8355 kepada Ibu Mega.Ibu Mega langsung mengambil data 8355 sekolah dari lemari sekolah untuk dicocokan dengan data dari dinas.Pada saat pencocokan kami menemukan satu anak yang tidak ada di sekolah tetapi ada di dinas.

Pada akhir acara kami pamit kepada Ibu Mega dan Ibu Hanifah karena ada tamu yang datang mengunjungi kami tidak bisa mengambil foto bersama.


Evaluasi

Survey Eksternal

Kami mendapatkan respon yang positif dalam kegiatan kali ini hanya saja pada saat wawancara dengan Ibu Mega ketua kelompok kami sedikit gugup mungkin disebabkan oleh keletihan terlalu lama menunggu di awal kegiatan


Survey Internal

Pada kegiatan ini sempat terjadi perdebatan diantara grup yang ingin kegiatanya dilanjutkan minggu depan dan yang tetap menjalani pada hari yang sama.Setelah diskusi beberapa waktu kami akhirnya tetap memutuskan menjalani di hari yang sama.Dalam perdebatan ini,semua anggota ikut berperan aktif memberikan opini akan tetapi tetap saling menghargai sehingga saling melengkapi dengan anggota lainya.

Hasil Kegiatan

Dari kegiatan ini kami mendapatkan:
-data peserta KJP yang sudah menerima kartu fisik
-jawaban dari kuesioner KJP sekolah
-data 8355
-evaluasi kegiatan ini

Perbaikan

Perbaikan yang kami harus lakukan terutama dalam mengatur waktu.Kami terlalu memaksakan agar kegiatan ini harus selesai di satu hari yang sama sehingga membuat kami keletihan dalam menjalani aktivitas ini.

Kesimpulan

Dalam kegiatan kami mendapatan pelajaran bahwa kami harus bisa mengatur waktu dalam penyelesaian sebuah tugas.Hal ini dicermikan dari menggangap tugas sebagai sebuah beban dan ingin menyelesaikanya secara cepat tentu dalam dunia profesional hal ini bisa menyebabkan hasil yang kurang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar